Rabu, 12 Agustus 2020

Psikologi Forensik

Hamarfiskerforening - Topik pengakuan palsu adalah masalah lain yang sangat penting dalam konteks hukum di mana pengetahuan dan keahlian psikologis dapat digunakan. Kerentanan psikologis dan keadaan interogatif adalah dua area utama yang telah diperiksa oleh psikolog sehubungan dengan pengakuan palsu.

Alasan bahwa studi tentang pengakuan palsu menjadi topik penting dalam psikologi forensik adalah karena penelitian tentang keandalan kesaksian dan sugestibilitas sudah setua disiplin itu sendiri.

Hugo Munsterberg

Pada tahun 1908 Hugo Munsterberg menerbitkan 'On The Witness Stand: Essays on Psychology And Crime'. Salah satu esai ini berjudul 'Untrue Confessions'. Tulisan Hugo Munsterberg tidak hanya inovatif, tetapi juga sangat perseptif. Sejarah Psikologi Dalam kalimat pertama esainya tentang pengakuan palsu dia menyatakan bahwa:

Saya sangat yakin bahwa ini adalah tragedi tidak hanya kejahatan tetapi juga kesalahan manusia dan keadilan yang gagal, dan hati nurani ilmiah saya sebagai psikolog memaksa saya untuk membicarakannya karena tragedi kemarin mungkin akan muncul lagi, dalam beberapa bentuk lain. , besok

Pendapat Munsterberg bahwa pengakuan palsu adalah fenomena normal yang dipicu oleh keadaan yang tidak biasa baru-baru ini terungkap dalam situasi seputar kasus John Mark Karr. Sehubungan dengan pembunuhan yang belum terpecahkan terhadap JonBenét Ramsey yang berusia enam tahun, John Mark Karr mengklaim bahwa dia hadir ketika Ramsey meninggal dan kematiannya adalah kecelakaan. Pihak berwenang Psikologi Humanistik diberi tahu tentang Karr melalui korespondensi email yang dia lakukan dengan Michael Tracey, seorang profesor jurnalisme di University of Colorado. Karr ditangkap di Bangkok dan dikembalikan ke AS untuk diinterogasi. Tak lama kemudian, jaksa penuntut mengumumkan bahwa mereka tidak akan mengajukan tuntutan sehubungan dengan pembunuhan tersebut setelah tes DNA gagal menempatkan Karr di tempat kejadian.

Penjelasan teoretis untuk psikologi pengakuan palsu

Karya Kassin dan Wrightsman di AS dan Gudjonsson di Inggris telah melakukan banyak hal untuk memajukan pemahaman kita tentang psikologi pengakuan palsu. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang karya ini, bersama dengan tautan ke sejumlah sumber daya yang sangat baik tentang masalah pengakuan palsu, kunjungi situs web psikologi forensik utama saya.



0 komentar:

Posting Komentar